Kamis, 03 Februari 2011

Memotret Air Selembut Kapas


Bulan lalu saya beli buku Johntefon's Secret of Digital Manipulation. Isinya cukup menarik, dan sangat muda dipelajari. Apalagi ditambah dengan Video+Audio Tutorial, tentu sangat menolong pembaca yang belum mahir menggunakan Adobe Photoshop.
Namun ada satu artikel tambahan yang menarik (yang membuat saya waktu jalan-jalan di Toga Mas akhirnya membeli buku ini) dalam buku tersebut. Artikel tersebut berjudul : Tips memotret air selembut kapas.
Tips ini ditulis oleh Gathot Subroto (The Master of Landscape Photography). Artikel ini dibuat dengan disertai dengan photo yang berjudul Klayar.
Klayar adalah sebuah pantai di Pacitan Jawa Timur. Hasil jepretan Pak Gathot ini sungguh luar biasa, dan yang lebih menarik adalah Tips yang diberikan sangat menginspirasi saya. Hmmm...... jadi terinspirasi.
Kamera yang digunakan adalah Nikon D300, dengan lensa Nikkor 17-35 f/2.8 AF. Sedangkan focal length 17mm, ISO 100, Kecepatan 6 detik dan Apperture f/22 dan WB cloudy. Filter yang digunakan ND 8 dan gradual ND 0.9 Hard Edge. Tripod dan kabel release digunakan sebagai alat pendukung.
Gambar yang dihasilkan luar biasa. Air lautnya benar-benar menjadi selembut kapas.
Pengin mencoba? Tidak ada salahnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar